Minggu, 08 Mei 2016

Tahafut At Tahafut: Sanggahan terhadap Tahafut al Falasifah

Tahafut At Tahafut: Sanggahan terhadap Tahafut al Falasifah


Penerbit : Pustaka Pelajar
Penulis : Ibn Rusyd 
Tahun Terbit : Cet 1: Agust 2004
Kertas & Halaman : 306 Halaman

Ibn Rusyd lahir dan dibesarkan di Cordova. Ia adalah filsuf kenamaan yang tidak hanya dikenal di kalangan islam, melainkan juga di kalangan pemikir – pemikir barat. Selain menulis filsafat, Ibn Rusyd juga menulis tentang pengobatan, fauna, kosmologi, teologi, logika dan lain – lain. Di antara berbagai karyanya itu, yang paling mashur adalah Tahafut at Tahafut. Buku ini lahir sebagai sanggahan terhadap karya al-Ghazali yang berjudul Tahafut at-Falasifah, Kerancuan para filsuf.

Buku Tahafut at Tahafut dikemas dalam bentuk polemik. Pertama-tama ditampilkan kritik dan argumentasi Ibn Rusyd terhadap pemikiran al-Ghazali.

Kritik atas kritik yang dibangun Ibn Rusyd merupakan wahana untuk membentuk sikap kritis dikalangan umat islam. Apa yang dilakukan Ibn Rusyd snada dengan ungkapan al-Ghazali sendiri yang menyatakan bahwa “musuh yang bijak lebih baik daripada sahabat yang bodoh”. Upaya penerjamahan buku Ibn Rusyd ini merupakan sumbangan pemikiran yang penting dalam khasanah pengembangan intelektual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar